Ki Ageng Pengging

Posted on Maret 6, 2012. Filed under: ARTIKEL, babad, ki ageng pengging, makam |

Ki Ageng Pengging

makam  Andayaningrat atau jaka sengara

Kyai Ageng Pengging adalah penguasa daerah Pengging (pusatnya berada di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Boyolali sekarang) yang dihukum mati Kerajaan Demak pada masa pemerintahan Raden Patah karena dituduh memberontak.

Asal-Usul Ki Ageng Pengging

BAJUL KESUPEN di depan makam ANDAYANINGRAT

Nama aslinya adalah Raden Kebo Kenanga. Kakaknya bernama Raden Kebo Kanigara. Keduanya adalah putra pasangan Andayaningrat dan Ratu Pembayun.

Nama asli Andayaningrat adalah Jaka Sengara. Ia diangkat menjadi bupati Pengging karena berjasa menemukan Ratu Pembayun putri Brawijaya raja Majapahit (versi babad), yang diculik Menak Daliputih raja Blambangan putra Menak Jingga. Jaka Sengara berhasil menemukan sang putri dan membunuh penculiknya.

Jaka Sengara kemudian menjadi Adipati/Raja Muda Pengging, bergelar Andayaningrat atau Ki Ageng Pengging I (versi lain menyebutnya Jayaningrat). Kedua putranya menempuh jalan hidup yang berbeda. Kebo Kanigara yang setia pada agama lama meninggal saat bertapa di puncak Gunung Merapi. Sedangkan Kebo Kenanga masuk Islam di bawah bimbingan Syekh Siti Jenar.

Kebo Kenanga Menjadi Ki Ageng Pengging II

SILSILAH

Serat Kanda mengisahkan, Andayaningrat membela Majapahit saat berperang melawan Demak. Ia tewas di tangan Sunan Ngudung panglima pasukan Demak yang juga anggota Walisanga. Kebo Kenanga tidak ikut berperang karena takut menghadapi gurunya. Padahal, Syekh Siti Jenar sendiri tidak mendukung serangan Demak.

Kebo Kenanga kemudian menjadi penguasa Pengging menggantikan ayahnya. Namun, ia tidak menjalani hidup mewah sebagaimana para bupati umumnya, melainkan hidup sebagai petani membaur dengan rakyatnya.

Menurut Serat Siti Jenar, Kebo Kenanga bertemu Syekh Siti Jenar sesudah menjadi penguasa Pengging. Dikisahkan keduanya berdiskusi tentang persamaan agama Hindu, Buddha, dan Islam. Akhirnya, dicapai kesepakatan kalau ketiga agama tersebut pada hakikatnya sama, yaitu sama-sama menyembah Tuhan Yang Maha Esa, hanya tata cara peribadatannya saja yang berbeda.

Keluarga Ki Ageng Pengging

Ki Ageng Kebo Kenanga Pengging menikah dengan kakak perempuan Ki Ageng Butuh (murid Syekh Siti Jenar pula). Dari perkawinan itu lahir seorang putra bernama Mas Karebet.

silsilah

Saat Karebet dilahirkan, Ki Pengging sedang menggelar pertunjukan wayang yang didalangi kakak seperguruannya, yaitu Ki Ageng Tingkir. Sepulang mendalang, Ki Tingkir meninggal dunia. Kelak, sepeninggal Ki Ageng Pengging dan istrinya, Karebet diambil sebagai anak angkat Nyai Ageng Tingkir (janda Ki Ageng Tingkir), sehingga setelah dewasa, Karebet pun dijuluki sebagai Jaka Tingkir dan mendirikan Kerajaan Pajang. Pendirian Pajang adalah sebagai usaha Jaka Tingkir, yang telah berhasil memperistri puteri raja Trenggana, untuk memindahkan pusat pemerintahan dari Demak menuju pedalaman Jawa. Hal inilah yang memunculkan teori berpindahnya corak kerajaan maritim ke agraris. Secara politis juga untuk menjauhkan diri dari kemungkinan sengketa dengan keturunan Sekar Seda Lepen yang bernama Arya Penangsang.

Kematian Ki Ageng Pengging

Menurut Babad Tanah Jawi, Ki Ageng Pengging dicurigai Raden Patah hendak memberontak karena tidak mau menghadap ke Demak. Patih Wanapala (versi Serat Siti Jenar menyebut Patih Wanasalam) dikirim ke Pengging untuk menyampaikan teguran.

makam ki ageng pengging

MAKAM KI AGENG PENGGING"]”]

Waktu setahun berlalu dan Ki Pengging tetap menolak menghadap. Apalagi ia gencar mendakwahkan ajaran Syekh Siti Jenar yang dianggap sesat oleh pemerintah Demak. Maka, Sunan Kudus pun dikirim untuk menghukum mati Ki Ageng Pengging.

Setelah melalui perjalanan panjang, rombongan Sunan Kudus akhirnya tiba di Pengging. Ki Pengging merelakan kematiannya daripada harus menghadap Raden Patah. Akhirnya, ia pun meninggal dunia setelah titik kelemahannya, yaitu ujung siku, ditusuk keris Sunan Kudus.

MAZ ELANK dan juru kunci di depan makam ki ageng pengging

Menurut Serat Siti Jenar, Ki Ageng Pengging Kebo Kenongo meninggal karena kemauannya sendiri. Sebelumnya, ia dikisahkan berhasil menyadarkan Sunan Kudus tentang ajaran Syekh Siti Jenar yang sebenarnya. Akhirnya, Ki Ageng Pengging meninggal dunia dengan caranya sendiri, bukan karena ditusuk Sunan Kudus.

BAJUL KESUPEN di depan gapura makam

Pada intinya, kematian Ki Ageng Pengging disebabkan karena penolakannya terhadap pemerintahan Demak. Ia adalah murid terbaik Syekh Siti Jenar, yaitu seorang wali yang mengajarkan kesederajatan manusia dan menolak basa-basi duniawi.

pengemis makam

Pesarean Ki Ageng Pengging di Ngagel

Kota Surabaya merupakan tempat peristirahatan bagi Ki Ageng Pengging. Ki Ageng Pengging adalah ayah dari Mas Karebet alias Joko Tingkir atau yang lebih dikenal dengan Sultan Hadiwijaya, raja pertama Pajang.

Konon Ki Ageng Pengging yang bernama asli Ki Kebo Kenongo tersebut dimakamkan di Jalan Ngagel 87 Surabaya. Di komplek makam itu tidak ada papan nama, tertutup tembok setinggi 3,5 meter dan hanya ada satu pintu masuk yang sempit. Otomatis tidak banyak yang menyangka bahwa di balik tembok bercat putih itu bersemayam salah satu tokoh besar Jawa dan para pengikutnya.

Setidaknya hal itu diakui sendiri oleh pemilik komplek makam itu, Erwin Sosrokusumo (51). Erwin yang mengaku salah satu keturunan Ki Ageng Pengging itu mengatakan, komplek makam tersebut merupakan warisan turun temurun dari keluarganya.

Di komplek pemakaman seluas 30 x 30 meter persegi itu, Pesarean Ki Ageng Pengging yang juga salah seorang murid Syekh Siti Jenar itu terletak di dalam cungkup di pojok dekat pintu masuk. Turut disemayamkan pula para murid atau pengikut Ki Ageng Pengging di sekitarnya. Total ada 15 pengikut Ki Ageng yang dimakamkan di komplek tersebut.

Mereka adalah Mbah Endang, Mbah Wali Peking, Mbah Aji Rogo, Mbah Wongso, Mbah Prabu, Mbah Purbo, Mbah Suro Kuning, Mbah Boyo, Mbah Ronggo, Mbah Moh. Kojin, Mbah Saleh, Mbah Ibrahim, Mbah Sapu Jagat, Mbah Sigit dan Mbah Kadal Buntung.

Komplek pemakaman yang tampak sederhana itu nampak teduh dengan banyaknya pohon seperti Pohon Kamboja, Mangga, Kemuning dan lain-lain yang memayunginya. Tembok yang mengelilinginya adalah bangunan lama yang dibuat pada tahun 1975.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

21 Tanggapan to “Ki Ageng Pengging”

RSS Feed for Bumi Mataram Comments RSS Feed

Ealah bocah baguse koyo ngono kok pengemis makam, mulane akeh peziaran wedok2 ayu

huahaa bagus opo mbagusi

bagusan aku jul… waakkakaka,, :D peace… yo ra kang…
:p

Ki Ageng Pengging I atau II yg makam atau pesarean nya ada di Surabaya, ? Anak dr Andayaningrat / Jayaningrat sebetulnya anaknya brp? Di atas dikisahkan hanya 2, tetapi di foto Silsilah ada 3 (tambah Kebo Amiluhur) bs dijelaskan perbedaan antara kisah dan foto yg ada diatas?

kalo yang di surabaya di klaim makam ki ageng pengging ll
kebo amiluhur adalah adalah anak andayaningrat adik ki ageng kebo kenanga tetapi wafat saat masih kecil begitu yang saya keahui

Ma’af..dr kisah diatas tertulis bhwa beliau didatangi sunan kudus di pengging..baik meninggalnya krn ditusuk atau kemauanya sendiri tp kan peristiwa itu terjadi dipengging..kok makamnya bs ada di ngagel…

gak perlu cari yg benar/salah yg penting sekarang mikir becik,mbatin becik,gegayuhan luhur…demi ibu pertiwi yg skrg ini merasa sakit karena tingkah laku manusia…

syarat apa aja kl mau nyekar pesarean Eyang Pengging,juru kuncinya siapa kl boleh saya minta nomer hp/tlpnya matursembahnuwun..nama : chairudin tlp: 081 805071266

coba anda TAWASUL untuk Ki Ageng Pengging..saya sudah ketemu 4 kali..kalau anda mau bertemu Kebo Kenongo/Ki Ageng Pengging ( ayah handa Mas Karebet/Jaka Tingkir ) bisa sms saya di 081944902727 ( XL )

Tes..

tlg kang wit saya mau kenal dan pengen lebih jauh berguru pada ki kebo kenongo agar bisa lebih nerimo dlm lelakon urip hub di 081906234698

nyimak aja sembari baca novel ki ageng pengging

“Ana ing ngendi dununging Urip?”
“Ana Ing Galihing Kangkung,
Ana Ing Gigiring Punglu,
Ana Ing Susuhing Angin,
Ana Ing Wekasaning Langit.
Dialog terakhir Sunan kudus dan ki Ageng Pengging

Eee la dallah.,ASSLMKWW,HIDUP ITU SIFAT DAT ..Hayun dimana ? Ya didirumu dan Alamsmesta

Maaf, sekedar meluruskan. Jaka sengara ўªήğ‎​ selama ini dikaitkan dgn brawijaya adalh sbuah ksalahan sjarah ўªήğ‎​ amat menyesatka. Jaka sengara bernama asli Muhammad kabungsuan bin husein jamaluddin akbar. Jgn sampai kita larut dlm sjarah ўªήğ‎​ didistorsikan oleh misionaris belanda

Mohon kalo ada cerita tentang Mbah Sapu Jagat bagi ceritanya dong..thanks

maaf sekedar info.. bagi teman2 semua yang ingin mencari tau tentang kebenaran Ki Ageng Pengging dan Ki Ageng Banyubiru bisa hubungi saya di no 08883301103
saya akan bawa teman2 ke hadapan beliau..
hanya bisa stiap malam jum’at..

bagai mana dengan ki Ageng Sapu Jagad? apakah kami bisa juga menghubungi nomer tersebut

trimakasih sebelumnya

salam, surawi 081919889509

________________________________

apakah ki ageng punya saudara?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: